Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Pemahaman IPA

Authors

  • Annisa Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Enik Setyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8538

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pemahaman merupakan aspek yang sangat penting karena menjadi dasar bagi terciptanya proses belajar yang bermakna dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Canva terhadap pemahaman siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA di SDN Kedungkendo dengan menggunakan metode kuantitatif pra-eksperimental design one group pretest-posttest. Partisipan pada penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV SDN Kedungkendo. Tes pemahaman ini diberikan sebelum dan sesudah intervensi dengan menggunakan materi wujud perubahan dan zat. Hasil penelitian Uji Paired Sample t-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posteast (t= -33,807, df = 21, dan p = 0,0000; p < 0,05). Temuan ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran canva secara signifikan meningkatkan pemahaman IPA.

Published

2025-07-05

How to Cite

Wulandari, A. ., & Setyawati, E. . (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Pemahaman IPA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7645-7649. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8538