Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Nur Hidayat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Yani Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Iqbal Mustaqim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8547

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu bagian dari kebijakan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah. Pola pembelajaran ini menekankan pada pengelolaan pendidikan di kelas yang heterogen. Guru dalam konteks pembelajaran ini, dituntut untuk dapat merancang kegiatan pembelajaran yang dapat mengakomodir perbedaan karakteristik dan latar belakang siswa. Implementasi pembelajaran yang berdiferensiasi tanpa pendampingan bagi guru di sekolah, tentu tidak mudah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui prinsip pembelajaran berdiferensiasi, strategi dan tujuan implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

Published

2025-07-05

How to Cite

Hidayat, N. ., Pratiwi, Y. ., & Mustaqim, I. . (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7637-7644. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8547