Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di kelas XII Kuliner di SMK Yogyakarta

Authors

  • Hanin Gelbi Alhadi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Maya Destryana Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Sekar Puspita Dewi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8558

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik. Penyesuaian yang dimaksud yaitu berdasarkan minat, profili belajar, dan kesiapan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana impelementasi pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan di kelas XII Kuliner SMK Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas XII Kuliner  SMK Yogyakarta masih belum dilakukan secara maksimal. Selain itu, guru masih berperan sebagai aktor utama dalam pembelajarannya. Penentuan produk peserta didik juga belum bervariasi dan tidak disesuaikan dengan minat, kebutuhan, dan kesiapan peserta didik. Metode penelitian ini yaitu studi kasus berdasarkan sekolah mitra PPL 1. Penulis mengambil data dalam penelitian ini berdasarkan observasi yang telah dilakukan. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII Kuliner yang berjumlah 39 yang berlokasi di salah satu SMK di Yogyakarta. Penulis berharap dengan adanya penulisan penelitian ini bisa meningkatkan implementasi pembelajaran berdiferensiasi khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Published

2025-07-06

How to Cite

Alhadi, H. G., Destryana, M., & Dewi, S. P. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di kelas XII Kuliner di SMK Yogyakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7782-7787. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8558