Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di kelas XII Kuliner di SMK Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8558Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik. Penyesuaian yang dimaksud yaitu berdasarkan minat, profili belajar, dan kesiapan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana impelementasi pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan di kelas XII Kuliner SMK Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas XII Kuliner SMK Yogyakarta masih belum dilakukan secara maksimal. Selain itu, guru masih berperan sebagai aktor utama dalam pembelajarannya. Penentuan produk peserta didik juga belum bervariasi dan tidak disesuaikan dengan minat, kebutuhan, dan kesiapan peserta didik. Metode penelitian ini yaitu studi kasus berdasarkan sekolah mitra PPL 1. Penulis mengambil data dalam penelitian ini berdasarkan observasi yang telah dilakukan. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII Kuliner yang berjumlah 39 yang berlokasi di salah satu SMK di Yogyakarta. Penulis berharap dengan adanya penulisan penelitian ini bisa meningkatkan implementasi pembelajaran berdiferensiasi khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris.