Analisis Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Front Office Department di Hotel The Westin Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8576Abstract
Pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang meningkat menunjukkan potensi besar dalam pengembangan destinasi wisata, termasuk akomodasi seperti hotel dalam menunjang kebutuhan wisatawan. Keberhasilan layanan akomodasi yang diberikan oleh front office department sangat dipengaruhi oleh motivasi kerja karyawan, ketika dikelola dengan baik dapat meningkatkan kepuasan tamu serta memperkuat citra hotel. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan front office departemen di hotel The Westin Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling jenuh, karena jumlah populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 35 karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, kemudian data diolah menggunakan bantuan software SPSS version 25. Penelitian ini menggunakan beberapa pengujian seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, uji regresi linear berganda, uji t, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisa menggunakan uji t, motivasi kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan yang bekerja di front office departement hotel The Westin Jakarta. Melalui pengujian koefisien determinasi, diketahui bahwa motivasi kerja mampu menjelaskan sebesar 34.9% variasi dalam kinerja karyawan. Sementara sisanya 65.1% dipengaruhi oleh berbagai faktor lain yang tidak termasuk dalam ruang lingkup variabel penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan front office departement hotel The Westin Jakarta dipengaruhi oleh motivasi kerja. Adapun saran untuk manajemen hotel yaitu mengevaluasi sistem insentif dengan menyesuaikan bonus berdasarkan pencapaian kerja, dan menerapkan sistem penghargaan bagi karyawan dengan kehadiran baik.