Implementasi Shiroh Nabi Corner sebagai Pola Pengenalan Kepribadian pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ning Suprapti Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Ida Yeni Rahmawati Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Dian Kristiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.8587

Abstract

Pengenalan kepribadian pada anak usia dini menjadi fondasi penting dalam pembentukan karakter anak di masa depan. Namun, pendekatan konvensional sering kali kurang kontekstual dan belum menyentuh sisi afektif anak secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui implementasikan Shiroh Nabi Corner sebagai pola pengenalan kepribadian yang inspiratif dan kontekstual bagi anak usia dini. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh kebutuhan akan metode pengenalan karakter yang sesuai dengan tahap perkembangan anak serta sarat akan nilai-nilai keteladanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Subjek penelitian adalah anak usia 4-6 tahun di salah satu lembaga PAUD di Magetan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru, serta dokumentasi proses kegiatan Shiroh Nabi Corner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Shiroh Nabi Corner mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap nilai-nilai kepribadian seperti jujur, tanggung jawab, dan kasih sayang. Anak lebih antusias mengikuti kegiatan ketika disajikan dalam bentuk cerita bergambar, sudut bermain tematik, dan simulasi peran yang menggambarkan kisah teladan Nabi. Diskusi hasil menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif menumbuhkan nilai-nilai moral melalui proses pembiasaan dan keteladanan yang dekat dengan kehidupan anak. Kesimpulannya, Shiroh Nabi Corner merupakan alternatif edukatif yang potensial dalam membentuk kepribadian anak usia dini secara menyenangkan, bermakna, dan kontekstual.

Published

2025-12-01

How to Cite

Suprapti, N. ., Rahmawati, I. Y. ., & Kristiana, D. . (2025). Implementasi Shiroh Nabi Corner sebagai Pola Pengenalan Kepribadian pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13158-13163. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.8587