Evaluasi Implementasi Transformasi Pendidikan di SD Nurul Faizah Surabaya

Authors

  • Atiyah Manzilatur Rohmah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8590

Abstract

Transformasi digital dalam pendidikan dasar merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan siswa menghadapi tantangan era teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digitalisasi pendidikan di SD Nurul Faizah Surabaya, dengan fokus pada penerapan teknologi, evaluasi efektivitas, dan rekomendasi perbaikan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi (WOD), data dikumpulkan dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Nurul Faizah telah mengadopsi berbagai platform digital, seperti Google Classroom dan Zoom, untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Guru-guru telah mengikuti pelatihan penggunaan teknologi, dan siswa diberikan akses ke materi pembelajaran secara online. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, literasi digital yang rendah, dan kurangnya keterlibatan orang tua masih menjadi hambatan dalam implementasi digitalisasi secara optimal. Evaluasi menunjukkan bahwa meskipun terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dan fleksibilitas dalam proses pembelajaran, kesenjangan digital menyebabkan ketimpangan dalam kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan infrastruktur, pelatihan literasi digital bagi semua pemangku kepentingan, dan kolaborasi dengan sektor swasta untuk mendukung implementasi teknologi dalam pendidikan.

Published

2025-07-06

How to Cite

Rohmah, A. M. ., Haq, M. S. ., Kristanto, A. ., & Khamidi, A. . (2025). Evaluasi Implementasi Transformasi Pendidikan di SD Nurul Faizah Surabaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7788-7792. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8590