Evaluasi Pembelajaran Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi: Sebuah Systematic Literature Review Terhadap Studi Terindeks Scopus

Authors

  • Alifah Biggum Nabila Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Benny Haposan Sianipar Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ganefri Ganefri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Asmar Yulastri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yudha Aditiya Firanda Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pendekatan evaluasi yang digunakan dalam pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi berdasarkan literatur ilmiah terkini. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis sepuluh artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2022 dan terindeks dalam basis data Scopus. Proses seleksi artikel dilakukan melalui tahapan identifikasi, penyaringan, kelayakan, penilaian kualitas, dan ekstraksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan evaluasi yang digunakan sangat beragam, meliputi evaluasi berbasis teknologi seperti machine learning, deep learning, dan neural network; pendekatan psikologis dan afektif; serta evaluasi yang berbasis pada persepsi mahasiswa dan dampak sosial ekonomi. Setiap pendekatan memiliki kelebihan dan keterbatasannya sendiri tergantung pada konteks implementasi dan tujuan evaluasi. Dalam konteks Indonesia, temuan tersebut dapat menjadi dasar untuk mengembangkan model evaluasi yang lebih holistik dan kontekstual yang mencakup dimensi kognitif, afektif, dan sosial. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya mengintegrasikan pendekatan kuantitatif dan reflektif, meningkatkan kapasitas evaluator, dan mengembangkan kerangka evaluasi nasional yang fleksibel namun sistematis. Dengan demikian, evaluasi bukan hanya sebagai alat ukur, tetapi juga sebagai instrumen strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan kewirausahaan dan dampaknya terhadap masyarakat.

Published

2025-08-01

How to Cite

Nabila, A. B., Sianipar, B. H. ., Ganefri, G., Yulastri, A. ., & Firanda, Y. A. . (2025). Evaluasi Pembelajaran Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi: Sebuah Systematic Literature Review Terhadap Studi Terindeks Scopus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 8815-8824. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8729