Implementasi Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah dan Guru Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Menjadi Generasi Emas 2045

Authors

  • Verry Albert Jekson Mardame Silalahi Institut Bisnis dan Multimedia asmi, Indonesia
  • Sri Sundari Institut Bisnis dan Multimedia asmi, Indonesia
  • K.P. Suharyono S. Hadiningrat Institut Bisnis dan Multimedia asmi, Indonesia
  • Marisi Pakpahan Institut Bisnis dan Multimedia asmi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8745

Abstract

Transformasi digital dalam pendidikan menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dan guru dalam implementasi kepemimpinan digital, pelaksanaan digitalisasi pendidikan, serta hasil penguasaan digital peserta didik dalam perkembangan teknologi di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode deskripti kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai pemimpin transformasional yang mendorong adopsi teknologi dalam pembelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator dalam membangun literasi digital peserta didik melalui penggunaan berbagai platform pembelajaran digital. Implementasi digitalisasi pendidikan di sekolah dilakukan melalui pengembangan kurikulum berbasis teknologi, pemanfaatan sistem administrasi sekolah berbasis digital, serta integrasi perangkat teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar. Hasil penguasaan digital peserta didik menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta adaptasi terhadap teknologi. Namun, tantangan masih dihadapi dalam pemerataan akses dan pemahaman teknologi di kalangan peserta didik dan tenaga pendidik. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan digital yang efektif, dukungan infrastruktur yang memadai, serta pelatihan berkelanjutan bagi guru dan peserta didik merupakan faktor kunci dalam menciptakan generasi emas 2045 yang siap bersaing di era digital.

Published

2025-07-06

How to Cite

Silalahi, V. A. J. M. ., Sundari, S. ., Hadiningrat, K. S. S. ., & Pakpahan, M. . (2025). Implementasi Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah dan Guru Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Menjadi Generasi Emas 2045. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7738-7744. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8745