Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Bangkinang Kota

Authors

  • Indah Asmara Universitas Riau, Indonesia
  • Makhdalena Makhdalena Universitas Riau, Indonesia
  • Hendripides Hendripides Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Bangkinang Kota. Guru sebagai ujung tombak pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri 1 Bangkinang Kota yang berjumlah 65 orang, dan seluruh populasi dijadikan sampel (sensus). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai R Square sebesar 0,313 atau 31,3%. Secara parsial, motivasi kerja berpengaruh sebesar 0,0712 (7,12%) dan lingkungan kerja sebesar 0,2007 (20,07%) terhadap kinerja guru. Hasil ini menunjukkan bahwa baik motivasi maupun lingkungan kerja memiliki kontribusi yang nyata terhadap peningkatan kinerja guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran. Oleh karena itu, peningkatan motivasi guru dan penciptaan lingkungan kerja yang kondusif sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Published

2025-08-01

How to Cite

Asmara, I. ., Makhdalena, M., & Hendripides, H. (2025). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Bangkinang Kota. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 8914-8920. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8756