Pelestarian Tari Kethek Ogleng Sebagai Bahan Ajar Ekstrakurikuler SMK Negeri 2 Wonogiri

Authors

  • Aisha Karina Padmasari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Utami Arsih Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor pendukung dan penghambat pelestarian Tari Kethek Ogleng sebagai bahan ajar ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Wonogiri, serta mendeskripsikan strategi pelestarian yang diterapkan di sekolah tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif konstruktivis, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama periode September 2024 hingga Juni 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung pelestarian berasal dari minat siswa, metode pelatihan yang komunikatif, serta dukungan institusi sekolah dalam bentuk pementasan dan kerjasama dengan sanggar seni lokal. Sementara itu, hambatan mencakup tekanan latihan, keterbatasan waktu, serta kurangnya motivasi siswa saat tidak ada event tertentu. Strategi pelestarian dilakukan melalui pelatihan rutin ekstrakurikuler, pementasan dalam berbagai event tingkat lokal hingga nasional, serta literasi budaya melalui teori dan workshop kepada guru serta pelatih. Kesimpulannya, pelestarian Tari Kethek Ogleng di SMK Negeri 2 Wonogiri merupakan bentuk nyata pendidikan berbasis budaya lokal yang mampu membentuk karakter serta memperkuat identitas kultural peserta didik.

Published

2025-08-04

How to Cite

Padmasari, A. K., & Arsih, U. . (2025). Pelestarian Tari Kethek Ogleng Sebagai Bahan Ajar Ekstrakurikuler SMK Negeri 2 Wonogiri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9397-9404. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8851