Penerapan Media Interaktif Berbasis Kahoot Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia

Authors

  • Auliani Putri Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Lazuardi Lazuardi Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Khairiza Lubis Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8861

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sesudah diterapkan media interaktif berbasis kahoot menggunakan model kooperatif tipe TGT pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eskperimen dengan desain NonEquivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI 7 (kelas eksperimen) dengan menerapkan media interaktif berbasis kahoot menggunakan model TGT pada pembelajaran materi sistem reproduksi manusia dan XI 8 (kelas kontrol) dengan model pembelajaran langsung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil belajar yang diamati meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil pretest dan posttest hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen masing-masing 57,84 dan 86,47. Hasil nilai sebelum dan sesudah perlakuan pada ranah afektif siswa kelas eskperimen masing-masing 60,58 dan 87,64. Begitu pula pada ranah  psikomotorik kelas eksperimen masing-masing 49,08 dan 77,21. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada ketiga ranah tersebut, dengan skor N-Gain kognitif pada kelas eskperimen yaitu 0,65 (sedang), afektif yaitu 0,66 (sedang) dan psikomotorik yaitu 0,57 (sedang). Hasil skor N-Gain kognitif pada kelas kontrol yaitu 0,36 (sedang), afektif yaitu 0,39 (sedang) dan psikomotorik yaitu 0,39 (sedang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media interaktif berbasis kahoot menggunakan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ketiga aspek tersebut.

Published

2025-08-01

How to Cite

Putri, A., Lazuardi, L., & Lubis, K. . (2025). Penerapan Media Interaktif Berbasis Kahoot Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 8947-8955. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8861