Analisis Guru Penggerak Sekolah Dasar dalam Aksi Nyata Inovasi Pembelajaran Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8862Abstract
Pembelajaran abad 21 mengharuskan guru untuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran tetapi masih banyak ditemukan bahwa guru-guru Sekolah Dasar masih dengan pola pikir lama, belum melaksanakan inovasi secara maksimal, ide-idenya baru tahap wacana, selain itu juga kurangnya ruang untuk berinovasi. Oleh sebab itu dengan aksi nyata guru penggerak ini akan menjadi referensi guru untuk melaksankan inovasi secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa dan bagaimana aksi nyata guru oenggerak dalam melaksanakan inovasi dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara via google form dan telekomunikasi via whatsapp. Partisipannya adalah beberapa guru penggerak Sekolah Dasar. Teknik analisis data menggunakaan model analisis interaktif yaitu data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. Hasil dari penelitian ini bahwa banyak ide dan aksi nyata pembelajaran inovatif yang dilakukan oleh para guru penggerak yaitu dengan berbasis digital, berbasis lingkungan, kewirausahaan, dan diferensiasi. Kesimpulannya bahwa penelitian ini memberikan gambaran aksi nyata inovasi pembelajaran yang variatif yang dapat dijadikan referensi oleh para guru khususnya guru Sekolah Dasar.