Dukungan Sosial Teman Sebaya sebagai Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Public Display Affection di Instagram Kalangan Generasi Z

Authors

  • Adinda Tri Alfiyah Arifin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mirna Nur Alia Abdullah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fajar Nugraha Asyahidda Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8872

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memaparkan peran dukungan sosial budaya teman sebaya dalam membentuk perilaku Public Display of Affection (PDA) Generasi Z di platform Instagram. Fenomena PDA di media sosial merepresentasikan kompleksitas interaksi antara nilai-nilai budaya yang dianut, dinamika kelompok teman sebaya, dan karakteristik unik Generasi Z sebagai digital native. Melalui pendekatan tinjauan pustaka sistematis, artikel ini menganalisis berbagai studi relevan untuk mengidentifikasi bagaimana dukungan informatif, emosional, penghargaan, dan instrumental dari teman sebaya secara signifikan memengaruhi kecenderungan generasi Z dalam menampilkan perilaku Public Display Affection. Hasil menujukkan bahwa norma dan nilai budaya, baik yang tradisional maupun yang berkembang di era digital, dimediasi dan direinterpretasi dalam lingkungan pertemanan, pada akhirnya memengaruhi batasan dan bentuk ekspresi afeksi di ruang publik virtual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial budaya teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan dan kompleks terhadap kecenderungan perilaku Public Display of Affection (PDA) Generasi Z di Instagram. Teman sebaya berfungsi sebagai mediator utama norma dan nilai budaya, yang tidak hanya diadaptasi tetapi juga direkonstruksi dalam konteks digital. Implikasi temuan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai sosialisasi budaya digital di kalangan Generasi Z dan dinamika perilaku interpersonal.

Published

2025-08-04

How to Cite

Arifin, A. T. A., Abdullah, M. N. A., & Asyahidda, F. N. . (2025). Dukungan Sosial Teman Sebaya sebagai Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Public Display Affection di Instagram Kalangan Generasi Z. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9411-9418. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8872