Pengaruh Literasi Digital dan Optimisme terhadap Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar Negeri
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8880Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan optimisme terhadap kompetensi profesional guru. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah guru Sekolah Dasar Negeri Gugus Selembayung Madani Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru, dengan sampel sebanyak 168 guru yang ditentukan melalui rumus Slovin pada tingkat kesalahan 5%. Data diperoleh melalui angket berbasis indikator variabel literasi digital, optimisme, dan kompetensi profesional guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh signifikan dan positif terhadap kompetensi profesional guru dengan nilai t-hitung 3,252 > t-tabel 1,654 dan signifikansi 0,001. Sebaliknya, optimisme tidak berpengaruh signifikan dengan t-hitung 1,611 < t-tabel 1,654 dan signifikansi 0,109. Secara simultan, literasi digital dan optimisme berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru, ditunjukkan oleh F-hitung 7,637 > F-tabel 3,05 dan signifikansi 0,001. Temuan ini menegaskan pentingnya penguasaan literasi digital dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, sementara optimisme tetap perlu dikembangkan untuk mendukung lingkungan kerja yang positif.