Pengaruh Komunitas Belajar terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD

Authors

  • Betty Nurcahyani Sulong Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ni Kadek Aris Rahmadani Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8912

Abstract

Kompetensi pedagogik guru PAUD merupakan faktor kunci dalam keberhasilan proses pembelajaran anak usia dini. Beberapa guru masih menghadapi kendala dalam mengembangkan kompetensi pedagogik. Tujuan dari penelitian, mengeksplorasi pengaruh komunitas belajar terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru PAUD. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan guru yang berpartisipasi pada Komunitas Belajar Dahlia Keren. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 26.0, termasuk uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (6,537) melebihi nilai ttabel sebesar (1,771) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, mengindikasikan adanya pengaruh signifikan antara komunitas belajar dan kompetensi pedagogik guru. Koefisien regresi 1,050 mengindikasikan bahwa peningkatan kompetensi pedagogik secara positif karena adanya kontribusi dari keterlibatan para guru pada komunitas belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya komunitas belajar sebagai sarana mendukung pengembangan pedagogik guru PAUD. Dengan berkolaborasi dan berbagi pengetahuan, guru dapat memperkaya praktek mengajar mereka yang pada akhirnya memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan komunitas belajar sebagai strategi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAUD.

Published

2025-08-03

How to Cite

Sulong, B. N., & Rahmadani, N. K. A. . (2025). Pengaruh Komunitas Belajar terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9161-9167. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8912