Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pohon Faktor terhadap Hasil Belajar Kelas V SD Komodo Ineria Lasiana
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8928Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pohon faktor terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Komodo Inerial Lasia. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Media pohon faktor digunakan sebagai alat bantu visual dalam memahami konsep faktorisasi, yang merupakan bagian dari materi Matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan media pohon faktor secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan mampu memahami materi secara mendalam melalui keterlibatan langsung dalam proyek pembelajaran. Dengan demikian, model PjBL yang didukung media visual seperti pohon faktor efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.