Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pohon Faktor terhadap Hasil Belajar Kelas V SD Komodo Ineria Lasiana

Authors

  • Adi Laksari Balu Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Yulsy M. Nitte Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Camelia Sine Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Getreda Yesti Beama Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Marlen Magdalena Adu Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Maria Flaviana Seran Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Dini Lidia Anabokai Universitas Citra Bangsa, Indonesia
  • Dewi Klara Ello Universitas Citra Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pohon faktor terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Komodo Inerial Lasia. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Media pohon faktor digunakan sebagai alat bantu visual dalam memahami konsep faktorisasi, yang merupakan bagian dari materi Matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan media pohon faktor secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan mampu memahami materi secara mendalam melalui keterlibatan langsung dalam proyek pembelajaran. Dengan demikian, model PjBL yang didukung media visual seperti pohon faktor efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Published

2025-08-03

How to Cite

Balu, A. L. ., Nitte, Y. M. ., Sine, C. ., Beama, G. Y. ., Adu, M. M. ., Seran, M. F. ., Anabokai, D. L. ., & Ello, D. K. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pohon Faktor terhadap Hasil Belajar Kelas V SD Komodo Ineria Lasiana. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9209-9214. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8928