Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Program PLP terhadap Minat Menjadi Guru Melalui Efikasi Diri Mahasiswa Prodi Kependidikan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8950Abstract
Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami bagaimana persepsi terhadap pekerjaan guru dan pengalaman Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bisa memengaruhi keinginan mahasiswa jurusan pendidikan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis untuk menjadi tenaga pengajar, khususnya dengan melihat kepercayaan diri mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan melibatkan 173 mahasiswa angkatan 2021 yang dipilih secara acak dengan perbandingan yang sesuai. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasilnya memperlihatkan bahwa persepsi profesi guru (X1) dan program PLP (X2) punya pengaruh yang besar pada minat menjadi guru (Y). Selain itu, keyakinan diri atau efikasi diri (Z) juga sangat berpengaruh terhadap minat menjadi guru (Y). Lebih dalam lagi, persepsi profesi guru (X1) dan program PLP (X2) juga berpengaruh terhadap efikasi diri (Z). Efikasi diri (Z) ternyata berperan penting sebagai perantara antara pandangan terhadap profesi guru (X1) dan program PLP (X2) dengan minat untuk menjadi guru (Y). Kesimpulan dari riset ini adalah pandangan positif terhadap profesi guru dan pengalaman praktik melalui program PLP sangat penting dalam meningkatkan keyakinan diri dan minat mahasiswa untuk berkarir sebagai guru.