Pengembangan Buku Cerita Matematika Bergambar Seri Fabel untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas II di MIS Nurul Huda
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8951Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai literasi numerasi di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Huda serta kurangnya media pembelajaran yang menarik dalam meningkatkan Literasi Numerasi di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu buku Cermat (Cerita Matematika) bergambar seri fabel materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan literasi numerasi di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Huda dan menjadi media baru pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Populasi dalam penelitian ini 84 orang. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yang melibatkan sebanyak 24 orang, dengan 2 tahap yaitu skala kecil 8 orang dan skala besar 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang melibatkan penilaian dari validator materi, media dan pengguna. Teknik analisis menggunakan skala likert sebagai skala skor penilaian dan rata-rata untuk kriteria validasi menggunakan persentase skor. Untuk uji efektivitas produk dengan melihat nilai N-Gain yaitu melihat perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk. Hasil validasi dari validator materi mendapatkan skor 92% dengan keterangan sangat layak. Hasil validator media mendapatkan skor 91% dengan keterangan sangat layak. Hasil respon guru memperoleh nilai 95% dengan keterangan sangat layak. Hasil uji efektifitas pada skala kecil dengan nilai N-Gain mendapatkan nilai 0,88 dengan kriteria tingkat Tinggi dan Hasil uji efektifitas pada skala besar dengan nilai N-Gain mendapatkan nilai 0,87 dengan kriteria tingkat Tinggi.