Pengaruh Pesan Kampanye #BeliLokal terhadap Sikap Menggunakan Produk Lokal

Authors

  • Kartika Aprilia Dewi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Ratih Pandu Mustikasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8954

Abstract

Kehadiran e-commerce memberikan tantangan tersendiri terhadap produk atau brand lokal di Indonesia. Masyarakat Indonesia lebih memilih produk impor dibandingkan lokal karena kualitas yang dimiliki lebih tinggi dan inovasi lebih baik. Adanya pemikiran jika produk impor lebih eksotis dan menarik karena memiliki citra merek yang lebih baik yang juga didukung dari kampanye iklan. Oleh karena itu, Tokopedia yang bekerjasama dengan Tiktok melakukan kampanye dalam mendukung para pelaku usaha dan produk lokal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pesan kampanye beli lokal Tokopedia di media sosial terhadap sikap pada produk lokal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (stimulus-organism-response) untuk meneliti perubahan sikap yang dialami oleh individu karena adanya rangsangan dari pesan yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei dengan instrumen kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh follower Instagram Tokopedia yang berjumlah 5.100.000. Untuk mematok sampel, peneliti menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 10% sehingga diperoleh 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Pesan Kampanye (X) sebesar 67,7% terhadap variabel Sikap (Y) sedangkan sisanya 32,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam model regresi linier. Selanjutnya, hasil penelitian ini mengindikasi jika continuity and consistency memiliki pengaruh besar dalam mempengaruhi sikap audience dalam menggunakan produk local.  Khususnya pada dimensi kognitif.

Published

2025-08-03

How to Cite

Dewi, K. A. ., & Mustikasari, R. P. . (2025). Pengaruh Pesan Kampanye #BeliLokal terhadap Sikap Menggunakan Produk Lokal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9226-9233. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8954