Upaya PT Kencana Maju Bersama Meningkatkan Citra Perusahaan melalui Program Go Green

Authors

  • Anjelia Jelita Karen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Diana Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media capcut terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk pre-expertimental One Group Design Pretest-Posttest. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket dan observasi. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI yang mempelajari mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan kelas XI.8 terpilih menjadi sampel dengan jumlah 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 73,66% dan post-test sebesar 82,44%. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menghasilkan thitung 8,832 ? ttabel 1,690 berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh media capcut terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Disarankan pendidik dapat memanfaatkan media capcut sebagai media pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Published

2025-08-03

How to Cite

Karen, A. J. ., & Amalia, D. . (2025). Upaya PT Kencana Maju Bersama Meningkatkan Citra Perusahaan melalui Program Go Green. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9111-9116. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8965