Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SMA

Authors

  • Dayu Kade Indah Dwi Yanti Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Putu Sriartha Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Gede Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8967

Abstract

terbimbing terhadap sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Seririt. Penelitian ini di desain sebagai penelitian eksperimen semu dengan equivalent Control Grup Design. Kelas X.3 (eksperimen) dan Kelas X.8 (Kontrol) dipilih menggunakan Simple Random Sampling pada kelas yang setara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, test Kuesioner dan tes esai yang telah divalidasi yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif dan inferensial Uji-t. Sehingga ditemukan hasil: 1) Tahapan dalam model inkuiri terbimbing menuntut kerja kelompok, eksplorasi, dan pertukaran ide antar siswa, yang menumbuhkan sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, ketelitian, dan kerjasama. Serta melalui diskusi kelompok dapat memfasilitasi pertukaran ide-ide baru, pemikiran kritis, dan pengembangan gagasan inovatif interaksi antarsiswa yang meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. 2) Peningkatan signifikan dalam Sikap ilmiah siswa naik dari kategori rendah hingga sangat baik dengan nilai 50,00, dan keterampilan berpikir kreatif meningkat dari cukup rendah menjadi sangat baik dengan nilai 49,88. 3) Nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05) sikap ilmiah dan pada keterampilan berpikir kreatif nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001 (p < 0,05) menunjukkan pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif.

Published

2025-08-03

How to Cite

Yanti, D. K. I. D. ., Sriartha, I. P. ., & Budiarta, I. G. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9270-9275. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8967