Personal Branding Denny Cagur melalui Analisis Konten Akun Instagram @dennycagur

Authors

  • Ahmad Rayhan Fthoni Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Diana Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8980

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana personal branding Denny Cagur pada akun Instagram @dennycagur menjelang pemilihan umum tahun 2024 untuk membangun personal branding barunya sebagai politisi. Dengan menggunakan lima tahapan Qualitative Content Analysis (1) mendefinisikan tujuan penelitian dan unit analisis, (2) seleksi konten, (3) analisis konten, (4) interpretasi, dan (5) penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan analisis terhadap 24 unggahan yang diunggah pada periode periode 1 Juni 2023 sampai dengan 20 Maret 2024 yaitu saat Denny Cagur mengumumkan bahwa dirinya akan maju menjadi calon politisi. Setiap unggahan dikategorikan sesuai dengan delapan hukum personal branding oleh Peter Montoya yakni (1) Spesialisasi, (2) Kepemimpinan, (3) Kepribadian, (4) Perbedaan, (5) Kenampakan, (6) Kesatuan, (7) Keteguhan, (8) Nama Baik. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa Denny Cagur membangun personal brandingnya dengan menonjolkan konsep spesialisasi dan keteguhan, sebagai anggota legislatif yang peduli terhadap masyarakat dan memiliki kemampuan public speaking yang bagus. Keteguhannya terlihat dari konsistensi dalam mengunggah konten bertema Sapa Warga, sejak awal pencalonan hingga akhir masa kampanye, sebagai bagian dari upaya membangun personal branding sebagai politisi.

Published

2025-08-03

How to Cite

Fthoni, A. R. ., & Amalia, D. . (2025). Personal Branding Denny Cagur melalui Analisis Konten Akun Instagram @dennycagur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9104-9110. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8980