Pembelajaran Kolaboratif dan Inkuiri Sebagai Landasan Berpikir Kritis, Kreatif, Solutif dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8985Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas integrasi pembelajaran kolaboratif dan inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan solutif peserta didik. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode studi kasus dan fenomenologi, berfokus pada lembaga pendidikan dasar dan menengah di wilayah Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kedua model pembelajaran tersebut secara terintegrasi mampu meningkatkan partisipasi aktif peserta didik, membentuk pola pikir ilmiah, serta memperkuat kerja sama dan pemecahan masalah. Pembelajaran menjadi lebih bermakna, adaptif, dan relevan dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Temuan ini merekomendasikan model kolaboratif-inkuiri sebagai strategi pembelajaran kontekstual yang mendukung penguatan Profil Pelajar Pancasila.