Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Smart Box pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8988Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Smart Box dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V UPT SD Negeri Doromukti. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, yang diduga akibat minimnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan 18 siswa sebagai peserta. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa, dari 65,55 pada pra tindakan menjadi 70,55 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 86,11 pada siklus II. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar juga bertambah, dari 7 siswa (38,88%) pada pra tindakan menjadi 12 siswa (66,66%) pada siklus I, dan seluruh siswa (100%) pada siklus II. Selain itu, keterlibatan aktif siswa juga meningkat selama proses pembelajaran. Penggunaan media Smart Box menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan bermakna. Dengan demikian, Smart Box dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif untuk mendukung kegiatan belajar Pendidikan Pancasila.