Systematic Literature Review: Problem-Based Learning dalam Praktikum Kelistrikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8993Abstract
Menghadapi tantangan dalam pembelajaran vokasional dan kemajuan teknologi yang menuntut pemahaman konseptual dan penerapan praktis, siswa SMK perlu dibekali dengan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis tak hanya dibutuhkan ketika kegiatan praktik siswa SMK di sekolah, namun juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang dinamis dan penuh tantangan, seperti tuntutan produktivitas, efisiensi, dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan teknologi yang cepat. Penerapan tahapan berpikir kritis tersebut dapat membantu siswa SMK dalam memahami prosedur kerja secara logis, menyelesaikan masalah saat praktik, serta mengevaluasi hasil kerjanya untuk perbaikan di masa mendatang. Beragam model pembelajaran telah dikembangkan dan diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, salah satunya adalah model Problem-Based Learning. Tujuan penelitian Systematic Literature Review ini untuk menunjukkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning dalam Praktikum Kelistrikan dapat memengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Hasil analisis menunjukkan bahwa Problem-Based Learning memberikan dampak positif dan signifikan dalam mendorong berkembangnya kemampuan berpikir kritis pada siswa SMK.