Pengaruh Model Pembelajaran Conrextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8994Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V di SD Negeri 34 Palembang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design) bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel berjumlah 51 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan model CTL dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS 25. Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Rata-rata nilai posttest siswa pada kelompok eksperimen sebesar 70,80, sedangkan kelompok kontrol sebesar 60,00. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, sehingga model CTL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Model CTL membantu siswa mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, meningkatkan partisipasi aktif, serta mendorong kemampuan berpikir kritis. Temuan ini mendukung bahwa pembelajaran kontekstual efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA di tingkat sekolah dasar.