Penerapan Simulation Based Learning dengan Bantuan Tali-Temali untuk Meningkatan Hasil Belajar Jaringan Komputer di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8996Abstract
Pendidikan menengah pertama memiliki berbagai tantangan dalam prosesnya, strategi yang bisa dilakukan guru dalam menghadapi permasalahn ini yaitu dengan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat dari individu. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa Simulation Based. Learning untuk meningkatkan nilai hasil belajar jaringan komputer kelas 8. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Malang pada kelas 8B dengan objek penelitian sebanyak 30 siswa. Bentuk dari penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Data pada penelitian ini didapatkan dari hasil pretest dan post test yang dianalisa secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian ini mete Simulation Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dengan metode ini siswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung. Hasil dari siklus pertama terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari 62 menjadi 67. Akan tetapi tingkat ketuntasan belajar siswa hanya di angka 20% dengan kategori kurang. Hasil dari siklus kedua menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari yang sebelumnya menjadi 76. Tingkat ketercapaian hasil belajar pada siklus kedua sebesar 60% dengan kategori baik. Melalui hasil dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya Simulation Based Learning dapat memberikan peningkatan nilai hasil. belajar siswa kelas 8 SMP pada materi jaringan komputer. Terbukti dengan adanya kenaikan nilai hasil belajar di setiap siklus yang dijalankan.