Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis WordWall terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Literasi Digital pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI di SMA Islam Terpadu Granada Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9003Abstract
Salah satu keterampilan yang penting pada penilaian abad 21 pada teknologi adalah hasil belajar dan literasi digital, kemajuan literasi digital yang membantu memahami penggunaan teknologi secara cerdas, media interaktif hadir sebagai salah satu bentuk pengalaman belajar lebih menarik dan melibatkan pengguna secara aktif. Dalam mengupayakan keterampilan tersebut diperlukannya kontribusi pendidik dalam menciptakan media pembelajaran dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall terhadap hasil belajar dan kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode Pre-eksperimental design dan dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebesar 23 siswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal tes hasil belajar berjumlah 15 soal dan soal kemampuan literasi digital berjumlah 35 soal kemudian data dianalisis menggunakan teknik Paired sample T-test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa uji dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall terhadap hasil belajar dan kemampuan literasi digital pada mata pelajaran Biologi siswa kelas XI di SMA Islam Terpadu Granada Samarinda.