Pengembangan Model Permainan Bata (Bola Target) dalam Pembelajaran Materi Bola Besar untuk Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9061Abstract
Penelitian ini menerapkan desain penelitian Research and Development (R&D) yang merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk serta mengevaluasi tingkat efektivitasnya. Dalam desain penelitian Research and Development (R&D) menurut Borg & Gall, terdapat sepuluh langkah yang harus dilalui, yaitu: (1) identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) perancangan produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba awal, (7) revisi produk, (8) uji coba penggunaan, (9) revisi akhir produk, dan (10) produksi secara massal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model permainan pada materi bola besar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa produk permainan yang dinamakan BATA (Bola Target), yang dapat dimanfaatkan sebagai model pembelajaran dalam Penjasorkes. Berdasarkan hasil uji dari ahli permainan dan ahli pembelajaran, indikator rata-rata menunjukkan persentase sebesar 97,21%, yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji coba pada skala kecil memperoleh rata-rata persentase sebesar 79%, sedangkan pada skala besar mencapai 81%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model permainan BATA (Bola Target) layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi bola besar bagi siswa kelas IV sekolah dasar.