Analisis Pengaruh Tren Kuliner dan FOMO terhadap Minat Beli Generasi Z di Purrmilk Gading Serpong

Authors

  • Auhrelia Melvina Ismaya Universitas Bunda Mulia, Indonesia
  • Andari Tirtadidjaja Universitas Bunda Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tren kuliner dan Fear of Missing Out (FOMO) terhadap minat beli Generasi Z pada kafe Purr Milk Gading Serpong. Latar belakang penelitian ini adalah pertumbuhan konsisten industri makanan dan minuman di Indonesia yang berkelindan dengan fenomena psikologis FOMO yang dominan pada Generasi Z. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data primer yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tren kuliner dan FOMO secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan nilai F-hitung 137,641 > F-tabel 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R²), kedua variabel bebas mampu menjelaskan 73,9% variasi variabel minat beli, sementara sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini mengonfirmasi adanya sinergi kuat di mana tren kuliner menyediakan objek keinginan dan FOMO menjadi pendorong psikologis yang mempercepat keputusan pembelian Generasi Z.

Published

2025-09-12

How to Cite

Ismaya, A. M., & Tirtadidjaja, A. . (2025). Analisis Pengaruh Tren Kuliner dan FOMO terhadap Minat Beli Generasi Z di Purrmilk Gading Serpong. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10575-10579. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9101