Evaluasi Pembelajaran Karakter di Sekolah

Authors

  • Elvira Wanda R.I Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Naufali Farhanillah Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Akhmad Affandi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9230

Abstract

Evaluasi pembelajaran karakter merupakan aspek penting dalam keberhasilan pendidikan karakter di sekolah, terutama dalam upaya membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga memiliki integritas moral yang kuat. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep evaluasi pembelajaran karakter, pertimbangan dalam memilih metode evaluasi, serta ragam pendekatannya dalam konteks pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, yang dianalisis secara deskriptif-analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa evaluasi karakter harus mencakup tiga dimensi utama, yaitu pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling), dan tindakan moral (moral action). Pemilihan metode evaluasi perlu mempertimbangkan tujuan pendidikan karakter, karakteristik peserta didik, keterlibatan berbagai pemangku kepentingan, serta validitas, keberlanjutan, efisiensi, dan konteks sosial budaya. Beragam bentuk evaluasi seperti evaluasi diagnostik, formatif, sumatif, self-assessment, peer assessment, observasi, portofolio, hingga wawancara dan simulasi dapat digunakan secara kombinatif untuk memperoleh gambaran komprehensif tentang perkembangan karakter peserta didik. Kajian ini merekomendasikan agar sekolah merancang sistem evaluasi karakter yang integratif dan kontekstual sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang menyeluruh.

Published

2025-09-09

How to Cite

R.I, E. W. ., Farhanillah, N. ., & Affandi, A. . (2025). Evaluasi Pembelajaran Karakter di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 11062-11071. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9230