Pengaruh Media Busy Book Dalam Memperkenalkan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nia Yanti Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
  • Diana Diana Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
  • Iin Maulina Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9287

Abstract

Pendidikan seks usia dini merupakan bagian penting dalam upaya perlindungan anak, namun masih sering dianggap tabu dan belum diajarkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Busy Book dalam mengenalkan pendidikan seks kepada anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest yang dilaksanakan di TKIT Al-Karima, Kalimantan Barat, dengan melibatkan 15 anak kelompok B sebagai subjek penelitian. Perlakuan dilakukan dalam tiga sesi, meliputi pengenalan anggota tubuh, identitas gender, dan pengetahuan tentang aurat. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan Busy Book, pemahaman anak terkait pendidikan seks masih rendah. Setelah perlakuan, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan anak mengenali bagian tubuh, membedakan jenis kelamin, dan memahami pentingnya menjaga aurat. Analisis statistik melalui uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, Busy Book terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini dalam mengenalkan konsep dasar pendidikan seks.

Published

2025-09-11

How to Cite

Yanti, N., Diana, D., & Maulina, I. . (2025). Pengaruh Media Busy Book Dalam Memperkenalkan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 11206-11217. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9287