Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question and Getting Answer pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9300Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dampak dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer terhadap pencapaian belajar siswa dalam materi Pelajaran Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas XI SMAN 2 Tambang. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurang bervariasi, sehingga siswa kurang aktif dan cepat merasa bosan dalam mengikuti pelajaran sejarah. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode desain eksperimen semu (quasi experimental design) berupa control group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen XI 6 yang menggunakan model GQGA dan kelas kontrol XI 4 yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak (0,000 < 0,05). Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answer memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 65%. Hal ini dibuktikan dari persentase gain skor sebesar 0, 6505 yang artinya memiliki nilai lebih tinggi dari 0,3 < g < 0,7.