Consequences of Social Support and Transformational Leadership of State-Owned Bank Employees in Jakarta

Authors

  • Gatri Lunarindiah Universitas Trisakti, Indonesia
  • Netania Emilisa Universitas Trisakti, Indonesia
  • Sarah Rizkika Ifa Muna Universitas Trisakti, Indonesia
  • Reniati Karnasi Universitas Trisakti, Indonesia
  • Dietce Apriyani Lincoln University

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Transformational Leadership, Social Support terhadap Job Performance yang dimediasi Organizational Commitment pada Bank BUMN di Jakarta Pusat. Data dikumpulkan dari 121 responden dengan menggunakan convenience sampling sebagai metode penarikan sampel dan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Bank BUMN di Jakarta. Teknik yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah uji instrument berupa uji validitas dan realibilitas. Pengukuran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program SPSS versi 22 dan AMOS versi 24. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan pengaruh Transformational Leadership, Social Support, terhadap Job Performance yang dimediasi oleh Organizational Commitment. Implikasi manajerial dari penelitian ini yaitu diharapkan perusahaan memerhatikan keberlangsungan karyawan dalam jangka panjang dengan melakukan evaluasi atas Transformational Leadership yang diberikan, dan untuk meningkatkan dukungan sosial perusahaan perlu menciptakan lingkungan kerja yang sehat agar karyawan dapat saling peduli satu sama lain, selanjutnya untuk meningkatkan dukungan organisasi dengan memberikan fasilitas dalam pelatihan dan pengembangan diri dengan tujuan untuk meningkatkan Job Performance karyawan.

Published

2025-09-11

How to Cite

Lunarindiah, G., Emilisa, N. ., Muna, S. R. I. ., Karnasi, R. ., & Apriyani, D. . (2025). Consequences of Social Support and Transformational Leadership of State-Owned Bank Employees in Jakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 11137-11148. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9307