Penerapan Model Pembalajaran Jenis TGT dengan Menggunakan Aplikasi Baamboozle untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9333Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran TGT dengan menggunakan Aplikasi Baamboozle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest dan Posttest. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kampar Utara dengan kelas XI.1 sebagai kelas Eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa yang kemudian di analisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial yaitu Uji Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji Paired Sample T-Test dan N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran TGT dengan Aplikasi Baamboozle dapat memberikan dampak yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar.