Pengaruh Mindfulness Activity terhadap Kecerdasan Emosional dan Karakter Toleransi Siswa Kelas 5 SD di Kecamatan Gebang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9344Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Mindfulness Activity Terhadap Kecerdasan Emosional dan Karakter Toleransi Siswa Kelas 5 SD di Kecamatan Gebang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kelas, memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden atau penyebaran angket untuk dijawabnya dan pengumpulan dokumentasi data yang berhubungan dengan obyek yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Diketahui bahwa variabel kecerdasan emosional dan Mindfulness dan karakter toleransi memiliki nilai p = 0,001 yang menunjukkan kedua variabel memiliki nilai p lebih kecil daripada ? (p < 0,05), hal ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional dengan Mindfulness memiliki hubungan yang linear. (2) Uji korelasi antar kedua variabel diuji dengan menggunakan SPSS 16.0, besar koefisien korelasi pearson product moment antar variabel kecerdasan emosional dan self-compassion memiliki nilai koefisien sebesar 0,401 dengan nilai p = 0,001. Nilai p lebih kecil daripada nilai ? = 0,05, hal ini menujukan terdapat korelasi yang signifikan antara variabel mindfulness dengan kecerdasan emosional dan karakter toleransi. (3) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui nilai F hitung yang diperoleh dari dimensi kecerdasan emosional sebesar 13,047 dengan nilai F tabel (1:68) adalah 3,98. Maka F hitung > F tabel dan nilai p sebesar 0,001 < ? = 0,005. Dengan demikian, Ho ditolak yang berarti Ha = terdapat pengaruh mindfulness terhadap kecerdasan emosional dan karakter toleransi diterima.