Pemanfaatan Museum Mandiri sebagai Wisata Edukasi Pembelajaran Sejarah Perbankan Indonesia untuk Pelajar dan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9353Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan permasalahan berupa pemanfaatan, hambatan dan tantangan, serta rencana pengembangan dan pengelolaan Museum Mandiri sebagai wisata edukasi pembelajaran sejarah perbankan Indonesia untuk pelajar dan mahasiswa. Museum Mandiri berlokasi di Kawasan Kota Tua Jakarta yang menyajikan koleksi peralatan perbankan, sejarah dan perkembagan perbankan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan berupa hasil wawancara semi-terstruktur kepada pengelola museum, pengunjung, dinas pariwisata DKI Jakarta dan UPK Kota Tua, dilanjut dengan melakukan observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Museum Mandiri telah berperan secara aktif dan signifikan sebagai sarana wisata edukasi pembelajaran sejarah perbankan. Museum Mandiri memberikan pengalaman belajar secara langsung melalui pendekatan visual, naratif, dan interaktif. Masih terdapat beberapa hambatan dalam pemanfaatan ini sehingga Museum Mandiri berupaya memperbaiki hambatan tersebut melalui evaluasi, perencaana dan pengembangan program dan fasilitas. Maka dari itu Museum ini memiliki potensi yang cukup besar sebagai media pembelajaran sejarah yang kontekstual dan menyenangkan di luar kelas.