Analisis Kecemasan Berbahasa Asing Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES dalam Ujian Berbicara pada Mata Kuliah Chokai-Kaiwa Chukyu Kohan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9367Abstract
Bahasa Jepang merupakan bahasa asing yang banyak diminati di dunia, salah satunya Indonesia yang menempati posisi kedua terbanyak dalam jumlah pembelajarnya menurut The Japan Foundation (2021). Keterampilan bahasa Jepang yang penting untuk dipelajari antara lain, keterampilan menyimak dan berbicara, menjadi mata kuliah berjenjang yang wajib dipelajari di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES, salah satunya mata kuliah Chokai-Kaiwa Chukyu Kohan. Namun, hasil menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kecemasan dalam kategori “agak cemas” hingga “cemas”, dengan jenis kecemasan dominan berupa kecemasan terhadap evaluasi negatif. Faktor penyebab paling signifikan berasal dari aspek internal, seperti rendahnya rasa percaya diri dan kekhawatiran akan performa saat dibandingkan dengan rekan sekelas. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat mendukung pengurangan kecemasan yang dialami mahasiswa.