Peran Pemasaran Media Sosial Pada Perilaku Pembelian Pelanggan melalui Mediasi Keterlibatan Aktif Pelanggan dan Niat Pembelian pada Generasi Z dan Milenial

Authors

  • Silvia Angelina Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Yolla Margaretha Universitas Kristen Maranatha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9371

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemasaran media sosial, keterlibatan aktif pelanggan, niat pembelian dan perilaku pembelian pelanggan. Terdapat 220 responden yang merupakan generasi Z dan milenial pengguna media sosial dan pernah membeli produk kecantikan. Data dikumpulkan menggunakan survei kuesioner melalui google form dan kemudian diolah menggunakan PLS SEM. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara pemasaran media sosial pada perilaku pembelian melalui keterlibatan aktif pelanggan dan niat pembelian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh langsung dan tidak langsung pemasaran media sosial, keterlibatan aktif pelanggan, niat pembelian dan perilaku pembelian pelanggan. Secara keseluruhan dari penelitian ini membuktikan bahwa pemasaran media sosial merupakan instrumen yang penting dalam mendorong perilaku pembelian pelanggan melalui keterlibatan aktif pelanggan dan niat pembelian.

Published

2025-10-01

How to Cite

Angelina, S. ., & Margaretha, Y. . (2025). Peran Pemasaran Media Sosial Pada Perilaku Pembelian Pelanggan melalui Mediasi Keterlibatan Aktif Pelanggan dan Niat Pembelian pada Generasi Z dan Milenial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11362-11369. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9371