Implementasi Nilai Karakter Berbasis Etika dan Moral dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9372Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai karakter berbasis etika dan moral dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: Pertama, berdasarkan hasil temuan peneliti implementasi nilai karakter berbasis etika dan moral dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Alo'oa, mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam sekolah maupun luar sekolah, pada proses pembelajarannya membantu siswa mengenal nilai karakter, etika dan moral, memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, mengajak siswa berdiskusi tentang nilai-nilai Pancasila. Kedua, kendala dalam implementasi nilai karakter di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Alo'oa terungkap bahwa kurangnya kesadaran dan pemahaman siswa, sebagian siswa belum memahami pentingnya nilai-nilai etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya minat siswa terhadap materi PPKn karena dianggap sebagai mata pelajaran hafalan, siswa sering keluar masuk saat proses pembelajaran, siswa bercerita dengan teman pada proses pembelajaran. Ketiga, upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala implementasi nilai karakter kepada peserta didik di sekolah UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Alo'oa yaitu memberikan teladan yang baik, mengadakan kegiatan yang melibatkan kerja sama dan kepedulian sosial, memberikan penghargaan bagi siswa yang menunjukkan karakter positif, serta bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai karakter.