Analisis Peran Buku Bahasa Indonesia Kelas IV BAB II "Di Bawah Atap" pada Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar Negeri Tlogo

Authors

  • Teddy Permana Perangin-Angin Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Azamul Fadhly Noor Muhammad Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Bab II "Di Bawah Atap" dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas IV terhadap peningkatan kemampuan menulis karangan deskriptif siswa di SD Negeri Tlogo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya keterampilan menulis sebagai bagian dari kompetensi berbahasa yang produktif dan kompleks, serta relevansinya dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pengembangan karakter dan literasi siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pada Bab II membantu siswa memahami struktur kalimat dan pemilihan kata dalam menulis deskriptif secara sistematis dan kontekstual. Pendekatan interaktif, penggunaan ilustrasi, serta latihan bertahap terbukti efektif meningkatkan imajinasi dan kemampuan menulis siswa. Guru turut berperan penting melalui strategi pembelajaran yang mendukung, seperti diskusi kelompok dan umpan balik konstruktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Bab II "Di Bawah Atap" memiliki kontribusi signifikan dalam mengembangkan kemampuan menulis deskriptif siswa di kelas tinggi sekolah dasar.

Published

2025-09-11

How to Cite

Perangin-Angin, T. P., & Muhammad, A. F. N. . (2025). Analisis Peran Buku Bahasa Indonesia Kelas IV BAB II "Di Bawah Atap" pada Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar Negeri Tlogo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 11159-11167. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9381