Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Komunikasi Bisnis XII BD 3 SMKN 1 Jember

Authors

  • M. Nazil Syarofah Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Shendy Andrie Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Denok Mugi Hidayanti Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9382

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Komunikasi Bisnis yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kondisi lingkungan sekolah, serta tingkat motivasi siswa dan penggunaan media pembelajaran yang digunakan. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dari masing-masing faktor terhadap hasil belajar Komunikasi Bisnis siswa kelas XII BD 3 SMKN 1 jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode survei,  di mana data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada siswa kelas XII BD 3 yang mengikuti pembelajaran Komunikasi Bisnis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda untuk melihat hubungan  antar  variabel yang mana dapat mengetahui secara terperinci kontribusi masing-masing faktor terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Diharapkan penelitian ini dapat mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan sekolah, Metode mengajar dengan motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar Komunikasi Bisnis.

Published

2025-10-01

How to Cite

Syarofah, M. N. ., Wijaya, S. A. ., & Hidayanti, D. M. . (2025). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Komunikasi Bisnis XII BD 3 SMKN 1 Jember. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11476-11484. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9382