Collaborative Strategies Between School Committees and School Management in Managing Bosp Funds to Improve Transparency and Effectiveness of Educational Budget Utilization in Senior High Schools in Southeast Sulawesi Province
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9384Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kolaborasi, faktor pendukung, serta kendala yang dihadapi dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) pada jenjang SMA melalui sinergi antara manajemen sekolah dan komite sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, bendahara BOSP, ketua komite sekolah, dan pengawas pendidikan pada lima SMA negeri dan swasta di Kota Kendari, Baubau, Kolaka, dan Konawe Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kolaborasi dilakukan melalui musyawarah dalam penyusunan RKAS, pelibatan dalam forum monitoring dan evaluasi, serta penetapan prioritas anggaran berdasarkan aspirasi masyarakat. Faktor pendukung meliputi kepemimpinan kepala sekolah yang terbuka, profesionalisme komite sekolah, dan dukungan pelatihan dari Dinas Pendidikan. Namun demikian, terdapat kendala seperti rendahnya literasi regulasi teknis oleh komite, belum optimalnya sistem dokumentasi digital, serta pola komunikasi yang masih formal dan tidak berkelanjutan. Temuan ini memperkuat teori Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan prinsip good governance, serta merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas kelembagaan dan peningkatan kualitas komunikasi antara sekolah dan komite sebagai strategi dalam pengelolaan dana pendidikan yang lebih efektif dan akuntabel.