Manajemen Strategis Pembiayaan Pendidikan Berbasis Kinerja (Studi Evaluasi terhadap Penggunaan Dana Bosda dan BOSP SMA Negeri Kota Palangka Raya)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9386Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen strategis dalam pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) dan Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) di satuan pendidikan. Fokus kajian terletak pada perencanaan berbasis kinerja, pelaksanaan anggaran prioritas, sistem pengawasan internal dan eksternal, penerapan transparansi dan akuntabilitas publik, serta relevansi teoritis dan implikasi strategis dari model pengelolaan yang diterapkan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan RKAS yang merujuk pada kebutuhan riil dan indikator kinerja mampu meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran. Sistem pengawasan berbasis digital seperti ARKAS dan MARKAS berperan signifikan dalam memperkuat akuntabilitas, sedangkan keterlibatan pemangku kepentingan mendukung terciptanya transparansi publik. Temuan ini selaras dengan berbagai teori manajemen strategis pendidikan dan memiliki potensi untuk direplikasi ke sekolah lain dengan penyesuaian kontekstual. Implikasi strategis dari hasil penelitian ini mendorong perlunya peningkatan kapasitas manajemen sekolah, optimalisasi sistem digital, dan evaluasi berbasis dampak sebagai langkah menuju tata kelola pembiayaan pendidikan yang adaptif, transparan, dan berorientasi hasil.