Penerapan Nilai Solidaritas dan Toleransi dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Intensif Taruna Pembangunan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9403Abstract
Pentingnya pendidikan karakter membentuk kepribadian peserta didik, di mana OSIS sebagai organisasi resmi sekolah berperan menanamkan nilai-nilai, seperti solidaritas dan toleransi menjadi pondasi penting menciptakan suasana organisasi yang harmonis, efektif, dan inklusif. Penelitian bertujuan mengetahui penerapan nilai solidaritas dan toleransi dalam kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Intensif Taruna Pembangunan. Metode yang dipakai kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek meliputi pengurus OSIS, pembina, dan kepala sekolah. Tahapan penelitian dimulai perencanaan, pengumpulan data, analisis, hingga penyusunan deskripstif. Penelitian menunjukkan solidaritas diterapkan melalui kerja sama, gotong royong, tanggung jawab, dan kepedulian antar anggota. Toleransi tercermin dengan menghargai perbedaan pendapat, penyelesaian konflik secara damai, serta keterbukaan terhadap latar belakang dan ide beragam. Hal ini mengungkappenerapan nilai-nilai tersebut berdampak positif terhadap efektivitas program OSIS, meningkatkan partisipasi peserta didik, dan memperkuat hubungan sosial yang harmonis. OSIS tidak hanya menjalankan fungsi administratif, tetapi juga menjadi teladan pembentukan karakter di sekolah.