Efektivitas Pembelajaran Bahasa Jawa dalam Penanaman Karakter Komunikatif pada Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 02 Bejen Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9409Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Jawa dalam menanamkan karakter komunikatif pada peserta didik kelas V SD Negeri 02 Bejen Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan berkurangnya minat peserta didik dalam mempelajari Bahasa Jawa serta rendahnya penerapan tata krama berbahasa, khususnya penggunaan ragam bahasa Jawa seperti ngoko, madya, dan krama, yang berpengaruh pada sikap komunikatif peserta didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, dengan jumlah sampel sebanyak 31 peserta didik kelas V.B. Data dikumpulkan menggunakan angket pre-angket dan post-angket, observasi, serta dokumentasi. Instrumen angket divalidasi menggunakan uji validitas dan reliabilitas, kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji Paired Sample T-Test, dan uji N-Gain untuk mengukur peningkatan efektivitas pembelajaran dan karakter komunikatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor penanaman karakter komunikatif dari 38,39 (pre-angket) menjadi 44,77 (post-angket). Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai 33,726 lebih besar dari t-tabel (2,042) dengan sig. 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran, yang diperkuat oleh hasil uji N-Gain dengan peningkatan sebesar 56,79% , yang termasuk dalam kategori sedang.