Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV melalui Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle di SD Duwet 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.941

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle, dan (2) Hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Duwet 1 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara maupun dokumentasi. Kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan dalam penelitian ini yaittu apabila hasil belajar siswa mencapai ?80% dari keseluruhan siswa yang mempunyai hasil belajar tinggi. Hasil analisis data menunjukkan pada siklus I bahwa (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 92,94% dan pembelajaran oleh siswa mencapai 95,51%, (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mencapai 58,06%. Data pada siklus I tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan, sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pada siklus II. Hasil analisis data siklus II menunjukkan bahwa (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 97,43% maupun pembelajaran oleh siswa mencapai 96,79%, (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mencapai 90,32%. Hasil analisis data dari siklus II ini telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan.

Published

2022-10-01

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV melalui Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle di SD Duwet 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. (2022). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4142-4147. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.941