Penyusunan E-Modul Pelatihan Sesuai SKKNI No. 3 Tahun 2023 pada Bidang Building Information Modelling untuk Jabatan Kerja Koordinator BIM

Authors

  • Fitriliani Inayah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Irika Widiasanti Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9424

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul pelatihan berbasis kompetensi sesuai SKKNI No. 3 Tahun 2023 pada bidang Building Information Modelling (BIM) untuk jabatan Koordinator BIM. E-modul dirancang sebagai media pembelajaran mandiri guna mendukung pelatihan dan persiapan sertifikasi kompetensi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D, yaitu: (1) Pendefinisian (define), (2) Perancangan (design), (3) Pengembangan (development), dan (4) Penyebaran (dissemante). Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penilaian kelayakan oleh dua ahli materi, dua ahli media, dua ahli bahasa, serta uji coba terbatas pada pengguna. Hasil penelitian menunjukkan penilaian kelayakan oleh ahli materi sebesar 85%, ahli media 90,97%, dan ahli bahasa 97,5%, seluruhnya berkategori “Sangat Layak”. Validitas isi instrumen menggunakan analisis Aiken-V memperoleh nilai 0,81 untuk ahli materi, 0,93 untuk ahli media, dan 0,97 untuk ahli bahasa, seluruhnya dinyatakan valid. Uji efektivitas melalui pre-test dan post-test menghasilkan skor N-Gain 0,713 yang termasuk kategori tinggi. Penilaian kepuasan pengguna mencapai 88,40% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, e-modul pelatihan Koordinator BIM jenjang 6 yang dikembangkan terbukti sangat layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pelatihan maupun persiapan sertifikasi.

Published

2025-10-01

How to Cite

Inayah, F., Iriani, T., & Widiasanti, I. (2025). Penyusunan E-Modul Pelatihan Sesuai SKKNI No. 3 Tahun 2023 pada Bidang Building Information Modelling untuk Jabatan Kerja Koordinator BIM. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11414-11421. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9424