Judul Pengaruh Media Pembelajaran Flipbook pada Mata Pelajaran Sejarah terhadap Aspek Kognitif Siswa Kelas X di MA Al Amien Ambulu Tahun 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9440Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran flipbook pada mata pelajaran sejarah terhadap aspek kognitif siswa kelas X di MA Al Amien Ambulu. Fokus utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media tersebut mempengaruhi aspek kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan design penelitian true experimental dengan bentuk pretest-posttest control group design. Dalam penelitian ini, peneliti dapat mengendalikan semua variabel luar yang dapat mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Terdapat dua kelompok dalam penelitian ini, yaitu eksperimen (diberi perlakuan) dan kontrol (tidak diberi perlakuan). Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang di rancang untuk mengukur hasil aspek kognitif siswa. Seluruh data kemudian dianalisis menggunakan uji parametrik yakni uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test berbantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki skor tertinggi sebesar 81, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai 64. Dari uji hipotesis, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flipbook berpengaruh terhadap aspek kognitif siswa.