Analisis Love Language Dosen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9463Abstract
Penggunaan love language dalam proses pembelajaran untuk membangun komunikasi interpersonal antara hubungan dosen dan mahasiswa dapat meningkatkan motivasi belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan love language serta bagaimana komunikasi verbal dan non-verbal dosen yang diberikan kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik untuk menggali konsep love language dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif metode observasi dan wawancara, subjek penelitian ini dosen, mahasiswa dan psikolog pendidikan. Hasil penelitian komunikasi non-verbal yang terjadi yaitu mimik wajah dan ekspresi wajah, intonasi suara, gestur tubuh. Sedangkan komunikasi verbal yang terjadi yaitu membuka ruang diskusi, lelucon, petuah dan motivasi. Kemudian, ditemukan love language dosen yang paling yaitu word of affirmation, act of service, quality time, receiving gifts, physical touch.